Kami menggunakan cookies untuk memberikan Anda pengalaman terbaik di website kami. Lihat Kebijakan Cookie kami untuk informasi lebih lanjut tentang cookie dan bagaimana mengelola mereka. Kebijakan Cookie.
General
- Apa yang dimaksud dengan Aira Mobile?Aira Mobile merupakan mobile banking dari Nanobank Syariah yang memberikan kemudahan dan keamanan bertransaksi dari mana saja dan kapan saja menggunakan prinsip-prinsip perbankan syariah. Satu aplikasi untuk dunia jadi lebih baik.
- Apa keuntungan menggunakan Aira Mobile?Di Aira Mobile, transaksi perbankan jadi lebih mudah dan aman dilakukan kapan dan dimana saja. Informasi portfolio dan beragam program promosi, seperti nisbah deposito online yang spesial, free biaya transfer ke seluruh bank di Indonesia (selama program masih berlaku) dan penawaran menarik lainnya.
- Perangkat atau smartphone apa saja yang dapat mengakses aplikasi Aira Mobile?Aira Mobile dapat diakses dari perangkat smartphone berbasis Android dan iOS
- Apakah saya bisa mengakses Aira Mobile dari banyak perangkat smartphone?Untuk keamanan yang maksimal, Aira Mobile hanya bisa terhubung dengan maksimal satu perangkat smartphone dalam waktu yang bersamaan. Untuk penggantian perangkat harus menggunakan fitur "Ganti Perangkat" / "Change Device" atau dapat menghubungi Aira Care di nomor 1500-153
- Rekening apa saja yang bisa diakses melalui Aira Mobile?Seluruh portfolio yang dimiliki Nasabah, seperti tabungan, giro, deposito, produk investasi, dan produk-produk lainnya bisa kamu akses melalui Aira Mobile.
- Rekening tabungan apa saja yang bisa digunakan sebagai sumber dana transaksi pada Aira Mobile?Semua rekening tabungan Nanobank Syariah bisa digunakan sebagai sumber dana (kecuali tabungan berjangka)
- Apa yang dimaksud dengan SMS OTP?SMS OTP merupakan 6 digit angka rahasia yang dikirimkan melalui SMS ke nomor handphone yang terdaftar di Nanobank Syariah. Jangan pernah menginformasikan Username, password, EasyPIN, Kode SMS OTP kepada siapapun termasuk kepada pihak yang mengaku dari Nanobank Syariah.
- Apa yang dimaksud dengan Username dan password pada Aira Mobile?Username dibuat pada saat registrasi Aira Mobile. Username dan password digunakan sebagai salah satu opsi untuk login Aira Mobile. Jangan pernah menginformasikan Username, password, EasyPIN, Kode SMS OTP kepada siapapun termasuk kepada pihak yang mengaku dari Nanobank Syariah.
- Bagaimana cara mengganti EasyPIN atau password pada Aira Mobile?Berikut caranya:
1. Login Aira Mobile
2. Di menu Home screen, pilih Pengaturan di taskbar yang ada di kanan bawah
3. Pilih menu Akun
4. Pilih ubah PIN atau ubah password
5. Selesai, PIN atau password berhasil diubah.
- Bagaimana cara nasabah melakukan reset password menggunakan 4 data pada Aira Mobile?Berikut cara reset password dengan 4 data ketika lupa EasyPIN :
1. Buka aplikasi Aira Mobile, pilih Menu “Login”
2. Pilih "Reset password"
3. Pilih "Hapus Data"
4. Di halaman Verifikasi, input No HP dan captcha
5. Lalu pilih "Hapus Data"
6. Di halaman Verifikasi rekening bank, pilih "Saya tidak memiliki kartu ATM"
7. Masukkan informasi pribadi (No. rekening, Email, NIK, dan tanggal lahir)
8. Di halaman Verifikasi email, masukkan kode OTP yang dikirimkan melalui email terdaftar
9. Di halaman SMS OTP, masukkan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS dari No. yang terdaftar
10.Buat EasyPIN lalu konfirmasi EasyPIN
11.Selesai, Aira Mobile kamu sudah dapat digunakan.
- Apakah menerima SMS OTP dikenakan biaya pulsa?Untuk saat ini SMS OTP tidak dikenakan biaya
- Berapa lama SMS OTP berlaku?Kode pada SMS OTP berlaku selama 5 menit.
- Fitur transaksi apa saja yang dapat saya lakukan melalui Aira Mobile?Di Aira Mobile, ada banyak fitur yang bantu kamu lebih mudah dalam bertransaksi, seperti : cek saldo, mutasi rekening, transfer sesama bank dan antar bank, pembayaran tagihan (listrik, air, telco, dll), pembelian pulsa, top up OVO, LinkAja, GOPAY, dll, pembukaan deposito online, pembukaan rekening tabungan berjangka, melihat portofolio produk (tabungan, giro, deposito, produk investasi dan produk-produk lainnya), serta fitur-fitur menarik lainnya yang akan terus dikembangkan.
Registrasi NTB (New to Bank)
- Bagaimana cara registrasi Aira Mobile untuk yang belum pernah mempunyai akun dan nomor rekening?Berikut caranya:
1. Nasabah install Aira Mobile di App/PlayStore
2. Di halaman "Daftar" pilih "Saya belum punya rekening nanobank syariah"
3. Pilih rekening tabungan
4. Pilih tabungan Aira Flexi iB
5. Di halaman syarat dan ketentuan, ceklis di "Saya menyetujui kedua pernyataan diatas"
6. Masukkan nama dan nomor telepon lalu input captcha yang tertera
7. Lalu masukkan OTP yang dikirimkan ke nomor telepon terdaftar
8. Buat Username dan EasyPIN
9. Kemudian lengkapi dokumen KTP, Foto wajah, Verifikasi email, dan Form input (Domisili, Pekerjaan, dan tentang diri)
10.Di proses verifikasi email, masukkan kode OTP yang dikirimkan ke email terdaftar
11.Di halaman Syarat dan Ketentuan Tabungan Online Bank Nano Syariah, ceklis "Syarat dan Ketentuan" lalu klik "Setuju"
12.Di halaman Persetujuan Nasabah, pilih "Ya"
13.Selesai, Aira Mobile kamu sudah dapat digunakan
Registrasi ETB (Existing to Bank)
- Bagaimana cara mengakses dan registrasi Aira Mobile untuk yang sudah memiliki rekening nanobank syariah namun belum memiliki akun Aira Mobile?Ada 2 cara yaitu:
- • Registrasi dengan menggunakan kartu ATM
- • Registrasi tanpa kartu ATM menggunakan face recognition
- Bagaimana cara registrasi dengan menggunakan kartu ATM pada Aira Mobile?Registrasi dengan menggunakan kartu ATM :
- 1. Buka aplikasi Aira Mobile, pilih menu "Daftar / Register"
- 2. Pilih "I have NanoBank Syariah Account"
- 3. Masukkan nomor kartu ATM/Debit kamu dan captcha
- 4. Masukkan kode SMS OTP yang dikirimkan ke nomor handphone kamu yang terdaftar
- 5. Masukkan PIN Kartu ATM/Debit kamu untuk memverifikasi
- 6. Buat Username dan EasyPIN.
- 7. Registrasi dan aktivasi selesai, Aira Mobile kamu sudah bisa digunakan dan terhubung ke seluruh rekening dan produk Nanobank Syariah.
- Bagaimana cara Registrasi tanpa kartu ATM menggunakan face recognition pada Aira Mobile?Registrasi tanpa Kartu ATM/Debit :
1. Buka aplikasi Aira Mobile, pilih menu "Daftar / Register"
2. Pilih "I have NanoBank Syariah Account"
3. Pada halaman input ATM Card Number, pilih “I Don’t Have NanoBank Syariah ATM Card”
4. Masukkan No. HP yang terdaftar di sistem.
5. Muncul Toast "NOMOR HP BELUM TERDAFTAR" pilih "Buat Akun"
6. Masukkan data-data yang diminta, yaitu : No. rekening, Email, NIK, dan masukkan captcha. Pastikan data yang dimasukkan sesuai dengan data yang tercatat pada sistem Nanobank Syariah.
7. Masukkan kode OTP yang dikirimkan ke email kamu.
8. Masukkan kode SMS OTP yang dikirimkan ke nomor telepon kamu
9. Nasabah di arahkan untuk Foto wajah.
10. Jika sesuai, Nasabah akan diminta membuat Username dan EasyPIN Aira Mobile.
11. Registrasi dan aktivasi selesai, Aira Mobile kamu sudah bisa digunakan dan terhubung ke seluruh rekening dan produk Nanobank Syariah.
- Bagaimana cara mengakses dan registrasi Aira Mobile untuk yang sebelumnya sudah memiliki akun Aira Mobile?Login atau lakukan reset password menggunakan 4 data jika nasabah lupa username dan password
Layanan Utama
- Apa saja layanan utama yang terdapat di Aira Mobile?Terdapat 3 layanan utama pada Aira Mobile, sebagai berikut:
• Save
• Impact
• Invest
Produk Bank
- Produk apa saja yang dapat dibuka di Aira Mobile?Ada 5 Produk yang dapat di buka di Aira Mobile, yaitu:
• Tabungan Aira Klop iB
• Tabungan Aira Haji iB
• Tabungan Aira Rencana iB
• Tabungan Aira Flexi iB
• Deposito Online
QRIS
- Apa itu QRIS?QRIS (QR Code Indonesian Standard) adalah standar QR Code yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia untuk mempermudah transaksi pembayaran digital di Indonesia. QRIS memungkinkan merchant untuk menerima pembayaran dari berbagai aplikasi dompet digital yang terintegrasi, cukup menggunakan satu QR Code.
- Apa itu QRIS MPM?QRIS Merchant Presented Mode (MPM) adalah metode pembayaran menggunakan QRIS dimana QR Code ditampilkan oleh Merchant kemudian dipindai oleh Nasabah.
- Apa itu Aira QRIS?Aira QRIS merupakan metode pembayaran baru pada Aira Mobile dengan melakukan scan kode QR yang ditunjukkan oleh Merchant-Merchant yang menggunakan spesifikasi standard QRIS.
- Bagaimana saya dapat menggunakan layanan Aira QRIS?Buka aplikasi Aira Mobile, lalu klik tombol dengan logo QRIS pada halaman utama, dan scan QR Code yang tersedia
- Rekening apa saja yang bisa digunakan untuk melakukan transaksi menggunakan QRIS?Rekening sumber pembayaran yang dapat digunakan untuk transaksi QRIS adalah semua rekening yang ada pada Aira Mobile (Tabungan dan Giro)
- Apa keuntungan transaksi menggunakan QRIS?Keunggulan transaksi menggunakan QRIS bagi pengguna yaitu, transaksi mudah dan tidak repot menyiapkan uang tunai. Keuntungan bagi Merchant, transaksi praktis karena tidak repot menyiapkan uang kembalian.
- Apakah QRIS MPM dapat digunakan untuk transaksi Internasional?Saat ini, QRIS MPM hanya mendukung transaksi domestik di Indonesia
- Akankah saya menerima bukti transaksi saat melakukan transfer dana melalui QRIS?Semua bukti transaksi finansial di Aira Mobile dapat Anda lihat pada halaman history transaksi
- Apakah ada limit transaksi harian menggunakan QRIS MPM?Limit transaksi QRIS MPM mengacu pada ketentuan Peraturan Anggota Dewan Gubernur (PADG) Nomor 24/1/PADG/2022 tanggal 25 Februari 2022, yaitu:
Minimal Transaksi Rp 1.- Maksimal Transaksi Rp 10.000.000,- Frekuensi/hari 30 kali Maksimal Nominal/hari Rp 25.000.000,- - Apakah terdapat biaya atas layanan QRIS MPM?Transaksi menggunakan layanan QRIS MPM tidak dikenakan biaya tambahan
- Apa saja metode autentikasi yang digunakan oleh QRIS MPM untuk menjaga keamanan transaksi?Autentikasi pada transaksi QRIS MPM sama seperti autentikasi pada Aira Mobile, yaitu EasyPIN/biometric/fingerprint (sesuai dengan kompatibilitas perangkat)
- Apakah QRIS Bank Nano Syariah mendukung fitur transaksi tip atau donasi?QRIS Bank Nano Syariah mendukung fitur tip;
1. Tip tetap : terdapat pada QR Dinamis, dimana tip diinput oleh Merchant
2. Manual Tip : terdapat pada QR Dinamis maupun Statis, dimana tip diinput oleh pengguna QRIS
- Apakah QRIS MPM dapat digunakan untuk transaksi online (Tanpa Tatap Muka)?QRIS MPM Bank Nano Syariah mendukung untuk melakukan transaksi Tanpa Tatap Muka (TTM).
- Bagaimana cara melakukan transaksi QRIS Tanpa Tatap Muka (TTM)?
1. Pada halaman ketika akan memindai QR Code, klik ikon sebelah kiri bawah untuk memilih QR Code mana yang akan dipindai.
2. Pastikan posisi QR Code sesuai
3. Klik tanda centang pada pojok kanan atas
4. Dan transaksi dapat dilanjutkan
Transaksi
- Rekening tabungan apa saja yang bisa digunakan sebagai sumber dana transaksi pada Aira Mobile?Semua rekening tabungan Nanobank Syariah bisa digunakan sebagai sumber dana (kecuali tabungan berjangka)
- Jenis transaksi keuangan apa saja yang dapat saya lakukan melalui Aira Mobile?Transaksi yang dapat dilakukan antara lain:
- 1. Pemindahan dana (Transfer)
Metode pemindahan dana terdiri dari:
a. Transfer ATM Network
b. BI-FAST
c. SKN
d. RTGS - 2. Bayar dan Top up (Bill Payment), seperti
a. Pembayaran tagihan (listrik, air, telco, dll)
b. Pembelian pulsa, top up OVO, LInkAja dan GOPAY, dll
- 1. Pemindahan dana (Transfer)
- Fitur otorisasi keamanan apa saja yang terdapat dalam Aira Mobile saat saya melakukan transaksi keuangan?
Transaksi Fitur OtorisasiEasyPINSMS OTPTransfer ≤ Rp 50.000.000,- ✔Transfer > Rp 50.000.000,- ✔Transfer ke rekening tujuan baru ✔Transfer ke rekening milik sendiri ✔Open deposito berjangka ✔Bayar dan Top-up Bill Payment ke nomor baru (Gopay, OVO, dan LinkAja) ✔
Bayar & Top-up (Bill Payment)
- Bagaimana cara saya membayar tagihan menggunakan layanan Aira Mobile?Berikut langkahnya:
1. Login Aira Mobile
2. Pilih Bayar & Top-up di menu home screen
3. Pilih Biller yang ingin ditransaksikan
4. Masukkan nomor pelanggan/ ID tujuan
5. Pilih Denom dan pilih sumber dana
6. Konfirmasi lalu masukkan EasyPIN
7. Pembayaran Berhasil
- Bagaimana cara saya melakukan Top-up E-Wallet di Aira Mobile?Berikut langkahnya:
1. Login Aira Mobile
2. Pilih Bayar & Top-up di menu home screen
3. Pilih Biller yang ingin ditransaksikan
4 Masukkan nomor handphone E-Wallet
5. Pilih Denom dan pilih sumber dana
6. Konfirmasi lalu masukkan EasyPIN
7. Top-up E-Wallet Berhasil
- Bagaimana cara saya melakukan pembayaran asuransi dengan virtual account di Aira Mobile?Berikut langkahnya:
1. Login Aira Mobile
2. Pilih Bayar & Top-up di menu home screen
3. Pilih Biller yang ingin ditransaksikan
4. Masukkan nomor virtual account
5. Pilih Denom dan pilih sumber dana
6. Konfirmasi lalu masukkan EasyPIN
7. Pembayaran asuransi dengan virtual account Berhasil
- Tagihan apa saja yang dapat saya bayar melalui layanan Aira Mobile?Anda dapat membayar berbagai macam tagihan, seperti tagihan Asuransi, listrik, air, telepon, internet, TV kabel, dan banyak lagi.
- Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memproses pembayaran tagihan melalui layanan Aira Mobile?Proses pembayaran tagihan biasanya membutuhkan waktu sekitar 1-2 hari kerja untuk diproses oleh penyedia layanan tagihan. Namun, beberapa pembayaran bisa diproses secara instan, tergantung pada layanan biller tersebut.
Riwayat Transaksi
- Bagaimana langkah mudah melihat riwayat transaksi via Aira Mobile?Caranya mudah, ikuti langkah berikut:
1. Pilih menu “Save” pada halaman home Aira Mobile
2. Pilih rekening yang ingin dilihat informasi riwayat transaksinya
3. Pilih menu “Transaction History”
4. Pada halaman filter, pilih periode yang di inginkan (Hari ini, Bulan ini, Pilih bulan dan pilih rentang tanggal)
5. Kamu juga bisa mendownload file atau mengirim file ke email, khusus untuk periode “Pilih bulan”, secara default informasi transaksinya akan di download ke device.
6. Jika sudah menentukan periode, klik “Sortir” atau “Ekspor”
7. Selesai, kamu sudah bisa melihat informasi riwayat transaksimu.
- Apa saja pilihan waktu penarikan riwayat transaksi yang tersedia pada Aira Mobile?Terdapat 4 pilihan waktu yaitu :
• Hari ini
• Bulan ini
• Pilih Bulan, tersedia hingga 6 bulan kebelakang dalam bentuk PDF
• Rentang Tanggal, tersedia hingga 40 hari kebelakang
- Apakah saya bisa mengunduh laporan riwayat transaksi saya?Ya bisa, pada halaman pilihan waktu riwayat transaksi, centang checkbox “Unduh PDF”
- Apakah saya bisa mengirim laporan riwayat transaksi ke email saya?Ya bisa, pada halaman pilihan waktu riwayat transaksi, centang checkbox “Kirim ke Email”
- Password apa yang digunakan untuk membuka laporan PDF mutasi rekening?Default password PDF riwayat transaksi adalah tanggal lahir kamu dengan format ddmmyyyy (tanggal/bulan/tahun).
- Mengapa laporan bulanan saya belum tersedia?PDF laporan bulanan akan tersedia 1-3 hari setelah tanggal terakhir bulan sebelumnya.
Permasalahan dan Solusi
- Apa yang harus saya lakukan agar bisa mengakses Aira Mobile jika saya melakukan pergantian smartphone?Jika kamu memiliki rekening tabungan atau giro, dan perangkat smartphone yang lama masih kamu miliki, silahkan :Jika kamu memiliki rekening tabungan atau giro, namun perangkat smartphone yang lama sudah tidak kamu miliki, silahkan :
- Apa yang harus saya lakukan jika saya melakukan pergantian nomor handphone?Untuk menggunakan NOMOR HANDPHONE YANG BARU, kamu bisa lakukan cara sebagai berikut:
1. Hubungi Aira Care 1500153 atau ke kantor cabang Nanobank Syariah terdekat untuk perubahan nomor handphone.
2. Setelah nomor handphone sudah diubah di database Nanobank Syariah, selanjutnya buka aplikasi Aira Mobile
3. Pilih Menu “Login”
4. Pilih "Reset password"
5. Pilih "Hapus Data"
6. Di halaman Verifikasi, input No HP dan captcha
7. Lalu pilih "Hapus Data"
8. Di halaman Verifikasi rekening bank, pilih "Saya tidak memiliki kartu ATM"
9. Masukkan informasi pribadi (No. rekening, Email, NIK, dan tanggal lahir)
10. Di halaman Verifikasi email, masukkan kode OTP yang dikirimkan melalui email terdaftar
11. Di halaman SMS OTP, masukkan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS dari No. yang terdaftar
12. Buat EasyPIN lalu konfirmasi EasyPIN
13. Selesai, Aira Mobile kamu sudah dapat digunakan
- Perangkat smartphone saya hilang, apa yang harus saya lakukan?Segera hubungi Aira Care 1500153 untuk dilakukan pemblokiran Aira Mobile kamu.
- Saya tidak merasa melakukan transaksi namun terdapat notifikasi transaksi yang masuk ke nomor handphone saya ataupun terdapat di mutasi rekening saya, apa yang harus saya lakukan?Segera hubungi Aira Care 1500153 untuk dilakukan pemblokiran Aira Mobile dan rekening kamu. Pastikan apakah terdapat transaksi tersebut pada mutasi transaksi kamu. Jika ada, buat laporan sanggahan transaksi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
- Saya ingin mengganti alamat email yang tercatat di Nanobank Syariah, apa yang harus saya lakukan?Hubungi Aira Care 1500153 atau kantor cabang Nanobank Syariah untuk melakukan penggantian alamat email.
- Saya tidak dapat login di perangkat smartphone baru, muncul keterangan "multiple device detected", apa yang harus saya lakukan?
1. Hubungi Aira Care 1500153, petugas Aira Care akan melakukan release Aira Mobile kamu
2. Selanjutnya kamu bisa login Aira Mobile di perangkat yang baru dengan melakukan "Reset password" .
- Saya tidak menerima SMS OTP, apa yang harus saya lakukan?Pastikan jaringan provider kamu kuat, namun jika masih ada kendala bisa segera hubungi Aira Care 1500153
- Saya tidak menerima Email OTP, apa yang harus saya lakukan?Pastikan jaringan provider kamu kuat, jika masih belum terima juga kamu bisa cek di folder "Spam" di email dan jika masih belum ada juga bisa segera hubungi Aira Care 1500153
- Aira Mobile saya diblokir karena salah memasukkan password atau EasyPIN 3 kali, apa yang harus saya lakukan?Jangan khawatir, pilih menu "Reset password" pada halaman login, selanjutnya ikuti instruksi pada Aira Mobile.
- Jika saya melakukan pemindahan dana dari rekening saya ke rekening bank lain, dana saya sudah berkurang namun pihak penerima belum menerima dana saya, apa yang harus saya lakukan?Jangan khawatir, silahkan hubungi Aira Care 1500153 atau mengirimkan email disertai dengan bukti transaksi ke aira.care@nanobanksyariah.id untuk pencatatan keluhan berikut dengan penyelesaian permasalahan kamu.
- Jika saya melakukan pembelian (token PLN, pulsa, uang elektronik), dana saya sudah berkurang namun uang elektronik/token PLN/pulsa saya tidak bertambah, apa yang harus saya lakukan?Jangan khawatir, silahkan hubungi Aira Care 1500153 atau mengirimkan email disertai dengan bukti transaksi ke aira.care@nanobanksyariah.id untuk pencatatan keluhan berikut dengan penyelesaian permasalahan kamu.
- Bagaimana cara melihat detail informasi lock dana saya?Klik kartu rekening pada Aira Mobile, maka akan menampilkan detail informasi lock dana tersebut.
- Apakah pemilik Tabungan Aira Klop iB dapat mengeluarkan anggotanya?Bisa, Nasabah “Super Admin” bisa mengelola anggota Tabungan Aira Klop iB dengan sangat mudah seperti mengeluarkan anggota, menambah anggota dan merubah role anggotanya.
- Apakah anggota Tabungan Aira Klop iB dapat keluar dan tidak menjadi anggota lagi?Bisa, anggota Tabungan Aira Klop iB bisa keluar dari Tabungan Aira Klop iB tanpa perlu persetujuan dari Nasabah pemilik/Super Admin.
Aira e-Money
- Apa yang dimaksud dengan Aira e-Money?Aira E-Money adalah merek/nama produk uang elektronik yang diterbitkan oleh Bank Nano Syariah.
- Siapa yang dapat menggunakan Aira e-Money?Seluruh pengguna nomor handphone (MDN) dari operator telekomunikasi yang tersedia di Indonesia baik pascabayar maupun prabayar dapat menjadi pengguna Aira E-Money.
- Bagaimana cara memiliki Aira e-Money?Untuk mengakses layanan Aira E-Money, pengguna wajib men-download dan menginstal aplikasi Aira Mobile pada smartphone miliknya dan kemudian melakukan registrasi Aira E-Money melalui aplikasi Aira Mobile tersebut.
- Jenis perangkat apa saja yang bisa digunakan untuk mengakses Aira e-Money ?Aira e-Money dapat di akses melalui Aira mobile yang saat ini telah tersedia pada smartphone berbasis Android dan IOS.
- Langkah-langkah apa saja yang perlu dilakukan untuk mendaftar Aira e-Money melalui aplikasi Aira Mobile?
"Download aplikasi Aira Mobile yang tersedia pada Google Play Store ataupun Apple Store kemudian :
1. Pilih Menu Daftar
2. Pilih Menu “Saya belum punya rekening Nanobank Syariah”
3. Pilih Produk Tabungan, lalu pilih mendaftar lebih cepat dengan “Aira e-Money”
4. Masukan Data Nama, Nomor Handphone dan Captcha
5. Input SMS OTP yang dikirim ke nomor yang didaftarkan
6. Buat Username dan Easypin
7. Selesai, Nasabah sudah bisa menggunakan Aira e-Money
8. Nomor akun Aira e-Money adalah “387+nomor handphone”"
- Apa saja kategori yang ada pada Aira e-Money dan bagaimana perbedaannya?
Aira e-Money memiliki 2 kategori yaitu :
1. Aira e-Money, adalah pengguna yang tidak terdaftar dan tidak tercatat data identitasnya (unregistered).
2. Aira e-Money Max, adalah pengguna yang terdaftar dan tercatat data identitasnya (telah melakukan KYC) serta memiliki Rekening Tabungan di Bank Nano Syariah. - Apa saja yang dibutuhkan untuk registrasi Aira e-Money dan apa saja pembatasan yang ada pada layanan ini?
Aira e-Money, merupakan uang elektronik dimana proses registrasinya hanya membutuhkan data Nama dan Nomor Handphone. Terdapat batas nominal saldo, akumulasi nominal transaksi, dan jenis transaksi.
- Jenis transaksi apa saja yang tersedia untuk Aira e-Money?
Jenis transaksinya meliputi :
• Top-up saldo
• Pembayan dan Pembelian Bill Payment
• Informasi saldo
• Pengecekan transaksi (mutasi rekening) - Apakah Aira e-Money bisa top-up saldo dari bank lain?Ya bisa, untuk top-up saldo Aira e-Money bisa dari rekening bank lain.
- Bagaimana cara melakukan top-up saldo Aira e-Money melalui aplikasi Aira Mobile?
Berikut langkahnya :
1. Pilih Menu Transfer Dana
2. Masukan Nomor Tujuan “387+Nomor Handphone” yang terdaftar sebagai nomor akun Aira e-Money
3. Pilih Bank Nano Syariah sebagai Bank tujuan
4. Masukan nominal transaksi
5. Lakukan konfirmasi transaksi
6. Selesai, Topup sudah berhasil dijalankan - Bagaimana cara top-up Aira e-Money dari rekening bank lain?
Berikut langkahnya :
1. Masuk ke Mobile/Internet banking atau ATM Bank lain
2. Pilih menu “Transfer dana”
3. Pilih Bank Sinarmas dengan kode “153”
4. Masukan nomor rekening tujuan “387+Nomor Handphone” yang terdaftar sebagai nomor akun Aira e-Money
5. Masukan nominal transaksi
6. Lakukan konfirmasi transaksi
7. Selesai, Topup sudah berhasil dijalankan
Nasabah dapat dikenakan biaya admin sesuai ketentuan Bank pengirim. - Jenis pembayaran/pembelian apa saja yang bisa dilakukan Aira e-Money?Aira e-Money bisa digunakan untuk semua Bill Payment yang tersedia di Aira Mobile.
- Bagaimana cara melihat saldo Aira e-Money di Aira Mobile?
Berikut langkahnya :
1. Login Aira Mobile
2. Pilih saldo Aira e-Money yang ada di halaman utama
3. Selesai, saldo Aira e-Money berhasil ditampilkan - Bagaimana cara melakukan pengecekan transaksi (mutasi rekening) Aira e-Money di Aira Mobile?
Berikut langkahnya :
1. Login Aira Mobile
2. Pilih saldo Aira e-Money yang ada di menu halaman utama
3. Pilih "Riwayat Transaksi" yang ada di halaman Aira e-Money.
4. Lalu pilih (hari ini, bulan ini, atau berdasarkan tanggal) yang ingin ditampilkan
5. Selesai, riwayat transaksi berhasil ditampilkan - Berapakah limit saldo untuk Aira e-Money?
Saldo maksimum Aira e-Money adalah sebesar Rp. 2.000.000,-
- Berapakah limit transaksi maksimum per bulan untuk Aira e-Money?
Limit transaksi maksimum per bulan Aira e-Money adalah sebesar Rp. 20.000.000,-
- Apa itu Aira e-Money Max?
Aira e-Money Max, merupakan kategori Aira e-Money dimana proses registrasinya membutuhkan data yang lebih banyak untuk keperluan verifikasi (KYC). Terdapat batas nominal saldo, akumulasi nominal transaksi, dan jenis transaksi yang lebih besar dan lengkap dibandingkan Aira e-Money.
- Bagaimana cara merubah Aira e-Money menjadi Aira e-Money Max di Aira Mobile?
Nasabah harus upgrade dengan cara membuka tabungan Aira Flexi iB terlebih dahulu.
- "Bagaimana langkah untuk melakukan upgrade menjadi Aira e-Money Max di Aira Mobile? "
Nasabah dapat melakukan upgrade Aira e-Money menjadi Aira e-Money Max dengan cara :
1. Login ke Aplikasi Aira Mobile
2. Pilih Menu “Transfer” atau “Save”
3. Lakukan pembukaan tabungan
4. Nasabah akan diminta melengkapi data pembukaan rekening seperti data KTP, Selfie, email verifikasi, dan melengkapi data diri terkait pekerjaan dan pendidikan
5. Submit pengajuan pembukaan rekening, dibutuhkan waktu maksimal 5 menit untuk verifikasi
6. Selesai, pengajuan pembukaan tabungan telah disetujui dan secara otomatis Aira e-Money nasabah akan terupgrade menjadi Aira e-Money Max - Jenis Transaksi apa saja yang tersedia untuk Aira e-Money Max?
Jenis transaksinya meliputi :
• Transfer ke semua bank
• Top-up saldo
• Pembayan dan Pembelian Bill Payment
• Informasi saldo
• Pengecekan transaksi (mutasi rekening) - Apakah Aira e-Money Max bisa transfer ke bank lain?
Ya bisa, Aira e-Money dapat melakukan transfer ke rekening Bank Nano Syariah maupun ke rekening bank lain.
- Bagaimana cara Aira e-Money Max melakukan transfer ke bank lain?
Berikut langkahnya :
1. Login Aira Mobile
2. Pilih menu transfer
3. Masukkan nomor rekening dan pilih kode/nama bank tujuan
4. masukkan nominal dan pilih sumber dana (pastikan dari Aira e-Money)
5. Di halaman konfirmasi, pastikan untuk nominal dan rekening tujuan sudah sesuai
6. Masukkan easyPIN
7. Selesai, transfer ke rekening bank lain berhasil. - Apakah Aira e-Money Max bisa top-up saldo dari bank lain?
Ya bisa, untuk top-up saldo Aira e-Money bisa dari rekening Bank Nano Syariah maupun dari rekening bank lain.
- Bagaimana cara top-up Aira e-Money Max dari rekening Bank Nano Syariah atau Bank Sinarmas?
Berikut langkahnya :
1. Pilih Menu Transfer Dana
2. Masukan Nomor Tujuan “387+Nomor Handphone” yang terdaftar sebagai nomor akun Aira e-Money Max
3. Pilih Bank Nano Syariah sebagai Bank tujuan
4. Masukan nominal transaksi
5. Lakukan konfirmasi transaksi
6. Selesai, Topup sudah berhasil dijalankan - Bagaimana cara top-up Aira e-Money Max dari rekening bank lain?
Berikut langkahnya :
1. Masuk ke Mobile/Internet banking atau ATM Bank lain
2. Pilih menu “Transfer dana”
3. Pilih Bank Sinarmas dengan kode “153”
4. Masukan nomor rekening tujuan “387+Nomor Handphone” yang terdaftar sebagai nomor akun Aira e-Money Max
5. Masukan nominal transaksi
6. Lakukan konfirmasi transaksi
7. Selesai, Topup sudah berhasil dijalankan
Nasabah dapat dikenakan biaya admin sesuai ketentuan Bank pengirim. - Jenis pembayaran/pembelian apa saja yang bisa dilakukan Aira e-Money Max di Aira Mobile?
Aira e-Money Max bisa digunakan untuk semua Bill Payment yang tersedia di Aira Mobile.
- Bagaimana cara melihat saldo Aira e-Money Max di Aira Mobile?
Berikut langkahnya :
1. Login Aira Mobile
2. Pilih saldo Aira e-Money Max yang ada di halaman utama
3. Selesai, saldo Aira e-Money Max berhasil ditampilkan - Bagaimana cara melakukan pengecekan transaksi (mutasi rekening) Aira e-Money Max di Aira Mobile?
Berikut langkahnya :
1. Login Aira Mobile
2. Pilih saldo Aira e-Money Max yang ada di menu halaman utama
3. Pilih "Riwayat Transaksi" yang ada di halaman Aira e-Money Max.
4. Lalu pilih (hari ini, bulan ini, atau berdasarkan tanggal) yang ingin ditampilkan
5. Selesai, riwayat transaksi berhasil ditampilkan - Berapakah limit saldo untuk Aira e-Money Max?Saldo maksimum Aira e-Money Max adalah sebesar Rp. 20.000.000,-
- Berapakah limit transaksi maksimum per bulan untuk Aira e-Money Max?
Limit transaksi maksimum per bulan Aira e-Money Max adalah sebesar Rp. 40.000.000,-
- Apakah terdapat status dormant untuk akun Aira e-Money ?
Akun e-money berbeda dengan akun tabungan/giro dimana jika nasabah tidak melakukan transaksi selama periode tertentu maka rekening menjadi dormant dan tidak bisa digunakan untuk transaksi.
Pada Aira e-Money tidak terdapat status dormant sehingga akun masih dapat digunakan untuk bertransaksi selama tidak dilakukan penutupan secara permanen. - Apakah Nasabah mendapatkan Bagi hasil atas Saldo Aira e-Money?
Tidak, Aira e-Money bukan merupakan akun tabungan/giro/deposito sehingga tidak mendapatkan bagi hasil.
- Bagaimana cara melakukan penutupan Aira e-Money?
Cara penutupan Aira e-Money dibedakan berdasarkan kategorinya :
1. Aira e-Money, Nasabah dapat melakukan penutupan secara mandiri melalui Aira mobile menggunakan menu tutup Aira e-Money dan Bagaimana cara melakukan penutupan Aira e-Money?
2. Aira e-Money Max, Nasabah dapat melakukan penutupan Aira e-money dengan cara melakukan request kepada Aira care atau melalui kantor cabang bank Nano Syariah, Aira e-Money Max yang ditutup,
Aira e-Money yang sudah di tutup, secara otomatis juga akan menutup aplikasi Aira Mobile nasabah, sehingga tidak dapat lagi digunakan. - Jika terdapat kendala terkait penggunaan Aira e-Money Layanan Pengaduan Bank Nano Syariah yang tersedia apa saja?
Nasabah pengguna Aira e-Money dapat menghubungi layanan pengaduan :
• Kantor Cabang Bank Nano Syariah
• Aira Care : 1500153 / (021)501-88888
• Email : airacare@nanobanksyariah.id
• Whatsapp Chat : 088261500153 - Jenis Akad apa yang digunakan untuk transaksi Aira e-Money?
Terdapat dua transaksi pada Aira e-Money :
1. Top-up : Pengguna melakukan top-up menggunakan akad Wadiah / Qardh
2. Pemakaian Aira E-money : Pembelian / pembayaran menggunakan akad Qardh